Di Catat, Istilah-istilah yang Ada di Dunia Mahasiswa untuk Dijadikan Pedoman


istilah yang terdapat pada mahasiswa
Pedoman Menjadi Mahasiswa Baru


Kenali lebih dekat istilah yang dipakai pada dunia mahasiswa. Berakhirnya masa sekolah SMA/ SMK ditandai dengan penguman ujian Nasional. Dari tahap itu selanjutnya murid-murid akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu : melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau langsung menghadapi dunia kerja.
Bagi siswa yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (dunia perkuliahan) akan dihadapkan pada pilihan, yaitu : sekolah kedinasan (contoh : STAN, STIS, STEM AKA MIGAS), Perguruan Tinggi Negeri (UNDIP, UI, IPB, ITS, Dll), dan perguruan tinggi swasta. Untuk sekolah kedinasaan akan menawarkan pilihan tingkat D1, D3, dan D4. Sedangkan untuk perguruan tinggi Negeri atau Swasta biasanya hanya menawarkan D3 dan S1.

MOS
Masa perkuliahan dimulai dari MOS (masa Orientasi Siswa). Setiap mahasiswa baru wajib mengikuti fase MOS ini supaya lebih mengenal Fakultas dan jurusan yang mereka pilih. Biasanya masa MOS tingkat Universitas hanya 1 hari, sisanya mahasiswa akan dilanjutkan MOS pada tingkat fakultas dan jurusan. Untuk lamanya tergantung dari fakultas dan jurusan yang menentukan.

DOSEN WALI
Selama masa MOS, mahasiswa baru akan dikenalkan dengan Dosen Wali. Ketika nanti jadi mahasiswa jangan manggil Pak Guru atau Bu Guru lagi ya, karena istilah yang dipakai adalah Pak Dosen atau Bu Dosen. Dosen adalah Staf pengajar yang berada dilingkungan perkuliahan/ kampus. Sedangkan dosen Wali merupakan dosen yang bertugas untuk memberikan bimbingan konseling, persetujuan KRS, penilaian IP dan IPK, dan evaluasi mahasiswa dari awal masuk sampai dengan mahasiswa tersebut wisuda.

Dosen Wali


SEMESTER
Sistem pendidikan yang dipakai pada perguruan tinggi adalah sistem semester/semesteran. Kegiatan perkuliahan, setahun dapat dibagi menjadi dua : ganjil dan genap. Semseter ganjil dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember sedangkan semester genap dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni. Jadi sistem ini sama seperti jaman di SMA atau SMK. Satu semseter/ semesteran adalah waktu kegiatan yang dipakai saat kuliah kurang lebih selama 4 bulan (16 minggu kuliah). Kegiatan ini belum termasuk kedalam minggu tenang dan ujian.

KRS
Sebelum perkuliahan dimulai, setiap mahasiswa baru diwajibkan mengisi KRS. KRS adalah kepanjangan dari Kartu Rencana Studi. Biasanya setiap mahasiswa baru mendapatkan 21 sks pada semester awal untuk memulai perkulaiahan. Didalam pengisian KRS. Setiap mahasiswa diberikan waktu setidaknya selama 2 minggu. Pengisian KRS ini merupakan sebuah proses pendaftaran unutk mengikuti kegiatan perkuliahan sesudai dengan kalender akademik yang telah ditentukan.
Dalam pengisian KRS ini, Mahasiswa dapat mengubah ataupun membatalkannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. menentukan mata kuliah yang diambil pada awal setiap semester dilakukan oleh mahasiswa dan disahkan oleh Dosen Wali. 

SKS
Satuan Kredit Semseter (SKS) merupakan beban studi yang diambil mahasiswa setiap semseternya. Tujuan dari SKS ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang rajin belajar untuk menyelesaikan perkuliahan (sampai wisuda) dalam waktu yang cepat. Pada semester pertama mahasiswa baru standarnya diberikan beban SKS maksimal 21 SKS. Selanjutnya untuk menentukan SKS yang diambil pada semester berikutnya ditentukan dengan IP yang didapat pada semester sebelumnya Sebagai contoh berikut :
IP SEMESTER
MAKSIMAL SKS YANG DIAMBIL
3.00 ≥ IP ≥ 4.00
24 SKS
2.50 ≤ IP ≤ 2.99
22 SKS
2.00 ≤ IP ≤ 2.49
20 SKS
IP < 2.00
18 SKS


KHS
KHS merupakan singkatan dari Kartu Hasil Studi. KHS berisi evaluasi hasil studi mahasiswa yang diberikan setiap akhir semester. Dari KHS dapat terlihat nilai-nilai dari mata kuliah yang diambil pada semester tersebut. Nilai yang diberikan dalam bentuk huruf yang masing-masing memiliki konversi nilai angka dan predikat sebagai berikut :
NILAI DALAM HURUF
PREDIKAT
KISARAN NILAI
BOBOT NILAI
A
Sangat baik
80-100
4.0
B
Cukup baik
70-79
3.0
C
Sedang
60-69
2.0
D
Sangat kurang
50-59
1.0
E
Gagal
< 50
0

Dari tabel diatas dapat dilah bahwa bentuk penyajian nilai dalam KHS. Biasanya setiap perguruan tinggi berbeda-beda dalam penyajian Nillai dalam huruf dan kisaran nilai yang diberikan. Ada yang menggunakan A+, A-, B+, dan lain-lain semua tergantung dari kebijakan masing-masing perguruan tinggi negeri atau pun perguruan tinggi swasta.

IP dan IPK
Untuk mengukur keberhasilan studi yang didapat mahasiswa tiap semesternya dengan IP dan IPK. IP merupakan singkatan dari Indeks Prestasi sedangkan IPK merupakan singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Perbedaan keduanya adalah IP dihitung pada semester yang diambil oleh mahasiswa tersebut sedangkan IPK merupakan gabungan dari keseluruhan semseter. Gambaran atau perhitungan dapat digunakan menggunakan rumus berikut :


SEMSESTER SISISPAN
Semester Sisipan atau disebut juga semester pendek merupakan semester yang bertujuan untuk memperbaiki ataupun memberikan kesempatan kepada mahasiswa didalam perbaikan nilai semesteran ganjil/genap bagi mahasiswa yang membutuhkan. Hal ini dijalankan supaya mahasiswa dapat memperbaiki nilai tanpa menunggu kuliah reguler disemester berikutnya. Waktu yang digunakan didalam menjalankan semester sisipan adalah disaat libur semesteran. Kegiatan dilakukan selama 1 bulan, kemudian evaluasi dengan ujian mid dan ujian akhir semester sisipan. Biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan semester pendek.

SIDANG SKRIPSI
Tahapan proses akhir ujian sebagai mahasiswa adalah sidang skripsi. Diperguruan lain banyak yang menyebutkan sidang Tugas Akhir (TA). Sidang skripsi dilakukan secara lisan dengan didampingi oleh dosen pembimbing dan dosen penguji. Untuk banyaknya dosen penguji beragam dan berbeda setiap perguruan tinggi. Jumlah sks skripsi/TA juga berbeda-beda tergantung dari kebijakan perguruan tinggi terkait. Ada yang menyebutkan skripsi/TA itu 4 sks dan ada juga 6 sks. Sebelum mengajukan sidang skripsi, biasay ada syarat-sayarat yang harus dilakukan. Misalnya saja : harus lulus toefl 450, tidak ada nilai D dan E, mahasiswa tidak sedang terkena sanksi, dll.

sidang skripsi


YUDISIUM
Yudisium merupakan pengumuman dari kelulusan berdasarkan dari penilaian akhir yang menunjukkan prestasi akademik selama mengikuti kegiatan perkuliahan. Dialam Yudisium, juga terbit surat keterangan lulus (SKL) yang diberikan sementara untuk menunggu keluarnya ijazah dan transkrip nilai asli.
INDEKS PRESTASI Kumulatif
PREDIKAT
2.00-2.75
Memuaskan
2.76-3.50
Sangat Memuaskan
3.51-4.00
Cumlaude

YUDISIUM UNDIP
Prosesi Yudisium

CUM LAUDE
Cumlaude merupakan pujian tertinggi yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Ketika wisuda nanti bagi penyandang gelar Cumlaude akan mengenakan selendang bertuliskan Cumlaude sambil dibacakan IPK pada upacara wisuda. IPK yang diraih penyandang gelar Cumlaude adalah 3.51-4.00 dengan masa studi maksimal n tahun +1 (n= 4 tahun).
Setiap perguruan tinggi memiliki aturan yang jelas dan berbeda-beda mengenai persyaratan bagi lulusan yang berhak mendapatkan predikat Cum Laude. Predikat ini biasanya tertera di dalam ijazah baik untuk lulusan sarjana maupun lulusan pascasarjana. Di dunia secara umum, predikat Cum Laude hanya digunakan pada lulusan pascasarjana, tetapi di Indonesia, Amerika Serikat, dan Filipina, gelar ini digunakan pada lulusan sarjana.

CUMLAUDE
Wisudawan CUMLAUDE

WISUDA
Wisuda adalah upacara pengukuhan sebagai penanda kelulusan mahasiswa yang dapat menempuh proses belajar pada suatu perguruan tinggi. Proses wisuda diawali dengan masuknya Rektor dan para pembantu rektor kemudian diikuti dengan dekan dari masing-masing fakultas. Pada prosesi wisuda, para wisudawan menggunakan pakaian yang telah ditentukan. Misalnya menggunakan kebaya bagi yang perempuan atau menggunakan hem putih celana hitam untuk pakain pria dan bagian lurnya mengenakan toga. Waktu penyelenggaraan  wisuda berbeda-beda setia perguruan tinggi, ada yang 4 kali dalam setahun, ada yang 3 kali dalam setahun ataupun 2 kali dalam setahun. Jalannya porses wisuda, nantinya mahasiswa dipanggil namanya, disebutkan IPK akhirnya, dan menuju ke atas panggung untuk disematkan tali toganya dan diberikan ijazah beserta transkrip nilai yang asli.

Prosesi Wisuda UNDIP
Wisuda UNDIP

KKN
KKN adalah singkatan dari kuliah kerja nyata. Jadi wujud nyata pada KKN ini adalah terjun langsung ke Masyarakat sambil mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat saat kuliah. Secara tidak langsung KKN ini sebagai bentuk kegiatan untuk mengabdi pada masyarakat. Setiap mahasiswa harus kreatif dan aktif didalam mengeluarkan gagasan atau ide ditengah-tengah dinamika yang terjadi di Masyarakat. Dari pengalaman yang sudah aku alami, KKN merupakan mata kuliah wajib dengan 3 sks. Waktu penyelenggaraan KKN adalah 1 bulan penuh di desa yang telah ditentukan dan disetujui oleh perguruan tinggi.

KKL
KKL adalah singkatan dari Kuliah Kerja Lapangan. KKL memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat melihat, mempelajari, mengenali, mengidentifikasi serta menganalisa seluk beluk pengelolaan dan pemanfaatan yang aktual dan faktual. Proses pembelajaran dilakukan melalui pengamatan maupun wawancara dan interaksi aktif dengan pihak-pihak yang terkait dalam bidang kelautan di wilayah studi.

PKL atau MAGANG
Istilah PKL atau magang sebenarnya dipakai tergantung dari masing-masing perguruan tinggi. Sifatnya harus ataupun sebaliknya. Tujuan dari PKL atau magang ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat mahasiswa ke sebuah Instansi terkait. Jadi kagiatan ini benar-benar mahasiswa dituntut atau merasakan yang namanya kerja ril. Ada juga sebagian mahasiswa menggunakan hasil yang telah didapat selama kegiatan PKL atau magang untuk menyusun skripsi atau Tugas Akhir (TA).

DEKAN
Dekan adalah pimpinan dari fakultas. Dekan bertanggung jawab langsung ke rektor. Tempat kerja dekan dinamakan dekanat. Dekan dibanti oleh empat pembantu dekan dengan fungsi dan tugas yg berbeda-beda. Pembagian fungsional sebagai berikut :
1.         Pembatu Dekan 1 (PD 1) berfungsi dibidang Pendidikan, penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.
2.         Pembatu Dekan 2 (PD 2) berfungsi dibidang administrasi umum.
3.         Pembatu Dekan 3 (PD 3) befungsi dibidang kemahasiswaan.
4.         Pembatu Dekan 4 (PD 4) berfungsi dibidang Kerjasama dan pengembangan.

DOSEN
Dosen adalah staf pengajar dilingkungan fakultas. Dosen pertanggung jawab ke Dekan. Tugas Dosen adalah mengajar, membimbing, melatih untuk penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen terbagi menjadi Dosen tetap dan dosen tidak tetap. Didalam pengelompokannya dosen dibagi menjadi : Dosen Pembimbing, Dosen pengampuh atau penanggung jawab mata kuliah, dosen laboratorium, dosen wali, dll.

DIES NATALIS
Dies Natalis menurut KBBI artinya hari ulang tahun berdirinya suatu Lembaga Pendidikan tinggi (Universitas, akademi, dan sebagainya). Saksikan dan ikut meriahkan acara Dies Natalis karana ada banyak kegiatan yg akan diselenggarakan dan rata-rata free. Kegiatannya beragam : ada kesenian, bazaar, seminar nasional, dan perlombaan. Acara ini juga dapat digunakan untuk merekatkan antar fakultas dan jurusan

PKM
PKM merupakan singkatan dari program kreativitas mahasiswa. Disini mahasiswa dituntut untuk mengeluarkan seluruh kreativitasnya kemudian dilombakan. PKM merupakan program dari DIKTI dengan tujuan meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi. PKM dilaksanakan dengan kelompok. Satu kelompok 3-5 orang dengan ketentuan berasal dari jurusan yg berbeda.
Jenis-jenis PKM :
PKM-P (karya kreatif dan inovatif dalam penelitian)
PKM-K (karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha)
PKM-M (karya kreatif dan inovatif dalam membantu masyarakat)
PKM-T (karya kreatif dan inovatif dalam menciptakan karya teknologi)
PKM-KC (karya kreatif dan inovatif dalam IPTEKS)
PKM-AI (karya kreatif dalam penulisan artikel ilmiah)
PKM-GT (karya tulis dalam penuangan gagasan kreatif)

PIMNAS
Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) merupakah tahapan akhir dari lomba PKM. PIMNAS dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan perguruan tinggi swasta dan negeri diseluruh tanah air. PIMNAS sebagai wadah untuk kompetisi kreativitas mahasiswa, saling berkomunikasi dan bertukar ilmu ataupun pengalaman.

BEM
Badan eksekutif mahasiswa (disingkat BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi dan bertindak sebagai eksekutor. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa kementerian dan departemen. BEM terbagi menjadi 2, yaitu : BEM tingkat Universitas dan BEM tingkat Fakultas. Fungsi dari BEM adalah sebagai wadah untuk menjawab kebutuhan mahasiswa dan aktif bergerak dalam mengembangkan sumber daya mahasiswa

SENAT MAHASISWA
Senat Mahasiswa Universitas adalah organisasi di tingkat universitas yang terdiri dari berbagai perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas. Senat Mahasiswa memiliki tujuan sebagai jembatan antara mahasiswa dengan pihak rektorat dalam hal penyampaian aspirasi mahasiswa. Senat Mahasiswa memiliki fungsi sebagai forum komunikasi antar organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas, fakultas, dan jurusan. Tugas Senat Mahasiswa menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, merencanakan dan menetapkan GBHK (Garis Besar Haluan Kegiatan) organisasi kemahasiswaan, mengevaluasi RKT (Rencana Kerja Tahunan) seluruh organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Catat, Istilah-istilah yang Ada di Dunia Mahasiswa untuk Dijadikan Pedoman"