Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan dan Pelaksanaan Running

Persiapan Running penting dilakukan sebelum melakukan kegiatan running. Saat ini olahraga running sudah menjadi trend center. 

Hal tersebut terjadi karena olahraga running dapat dilakukan oleh semua kalangan dan semua umur, free, dan disamping itu running dapat dilakukan dimana saja asalkan aman tempatnya. 

Sebagai contoh pelaksanaan running dilakukan saat car free day di sekitaran Monas (Jakarta Pusat) atau ditempat-tempat car free day lainnya.  

Bagi yang ingin menguji kemampuan diri saat Running, saat ini juga sudah banyak EO yang menyelenggarakan event running bersama dengan mendali dan doorprize sebagai hadiah bagi finisher.

Running Map
Starva Aplikasi

Olahraga running merupakan cara untuk membentuk masa otot, membakar lemak dalam tubuh, dan menjaga jantung supaya tetap sehat. Jika dilihat-lihat, apakah perbedaan jogging dan Running. Pasti kedua hal tersebut terdapat perbedaan yang mendasar. Jogging adalah lari santai sedangkan Running adalah kegiatan yang dipacu oleh waktu.


running lari di Monas
Running track Monas
                  
Dr. George Sheehan, dalam bukunya mendefinisikan bahwa Jogging adalah aktifitas berlari dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam, atau sama dengan 9,7 km/jam. Itu sama saja dengan berlari sejauh 1 km yang ditempuh dalam waktu 6,2 menit. Sehingga kecepatan berlari di atas 9,7 km/jam disebut dengan lari/running.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips sesuai dengan penglaman saya mengenai running. Jika ingin melakukan kegiataan running perlu diperhatikan hal-hal pada tahap persiapan dan pelaksanaan.

Tahap persiapan running

1. Menjaga keseimbangan waktu istirahat

Pilih waktu running pada pagi hari teapi tidak menutup kemungkinan untuk running pada sore hari. running pada pagi hari memberikan keuntungan tubuh disinari oleh sinar matahari pagi. Sehingga tubuh dapat memproduksi vitamin D. Udara pagi hari lebih segar dibanding sore hari.

Jika ingin running pada waktu pagi hari, hendaknya beristirahat yang cukup pada malam harinya alias tidak begadang. 

Misal jam 6 pagi akan memulai running, pada malam harinya jam 10 malam sudah mulai untuk tidur. Hal ini bertujuan supaya ketika akan Runing tubuh tidak lemas dan mempunyai kadar oksigen yang cukup.
Atur waktu running (lari)
Menjaga keseimbangan waktu istirahat

2. Mengatur Pola Makan 

Mengatur konsumsi makanan penting dilakukaan sebelum running. Jika ingin running pada pagi hari hendaknya tubuh jangan diisi oleh makan berat terlebih dahulu. Makan saja 1 buah pisang sudah cukup.

Jadi semisal ingi mengikuti event lari pagi, malam harinya sekitar jam 6 malam, tubuh bisa diisi dengan makan berat. setalah itu jam 9 atau jam 10 malamnya sudah bisa langsung tidur. hal ini sangat penting sebagai tenaga disaat running di pagi hari.

konsumsi buah sebelum lari (running)
Mengatur pola makan 

3. Mempersiapkan perlengkapan running. 

Saat running gunakan sepatu, jangan menggunakan sandal dll. Hal ini bertujuan supaya kaki terasa nyaman dan terhindar dari cidera. 

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat menghambat sirkulasi udara/ sesak napas. Jangan lupa membawa air minum. Karena olahraga running dapat menyebabkan dehidarasi.

Peralatan lari (running)

4. Download aplikasi di playstore

Nama aplikasi yang dapat kita pakai saat running sangat beragam contohnya; Nike Run Club, Run Tracker, Strava, Endomondo, dll. tujuan pemakaian aplikasi ini adalah untuk melihat hasil rekaman kita saat melakukan running contoh : dapat melihat peta tempat kita running, kecepatan saat running, suhu, cuaca, waktu tempuh dan jarak tempuh.

sofware aplikasi running (lari)
Aplikasi Running

Tahap pelaksanaan Running


1. Datang Ketempat Running lebih Awal

Datang Ketempat Running lebih Awal merupakan bentuk komitmen runner supaya tidak terlambat saat start. selain itu hal yg lebih penting adalah para runner dapat mengusai / beradaptasi dengan lokasi dengan baik dan tidak tergesa-gesa saat melakukan start.

Taiwan Excelence Run

2. Melakukan pemanasan sebelum Running

Sebelum melakukan running perlu dilakukan pemanasan. Dengan tujuan terhindar dari kram ataupun cidera saat dan pasca jogging. Pemanasan seperti biasa dilakukan dari kepala sampai dengan kaki. Dengan melakukan pemanasan menandakan tubuh siap melakukan aktivitas dan meningkatkan denyut jantung.

Warm up pemanasan sebelum running (lari)

3. Jangan Lupa Minum saat Running

Olahraga running merupakah olahraga yg mengharuskan effort lebih, sehingga para runner perlu mengetahui keadaan tubuhnya dengan baik. effort yg lebih ini juga membuat tubuh menjadi lebih mudah dehidarsi dan tubuh sangat membutuhkan banyak cairan.

Oleh karena itu, para Runner diwajibkan membawa perbekalan air minum saar mengikuti atau menjalan kan kegiatan lari,

semisal ada event lari 10K, disetiap spot sejauh (2,5k) ada refreshment. gunakan dengan baik spot refreshment tersebut untuk minum ataupun istirahat sejenak.

water refreshment

Post a Comment for "Persiapan dan Pelaksanaan Running"