Reza Hafiz Pranajaya

Never Mind

Kamis, 17 Januari 2019

Cara akurat memperbaiki Broken link (link mati) di Blog

Sahabat blogger, pada kesempatan ini saya akan sharing mengenai broken links atau link mati atau link yang tidak tersambung. Kenapa bisa disebut broken link ? hal itu terjadi dikarenakan terjadi perubahan judul pada blog yang kita punya. Perubahan judul akan menyebabkan terjadinya perubahan url. Sehingga URL yang pertama kali kita buat menjadi links sudah berubah. Sehingga alamat links tidak ditemukan kembali dan error.

Kebayangkan apabila pembaca artikel blog kita, kemudian mengklick kalimat yang ada linknya ternyata linknya sudah rusak. Pasti akan membuat mereka kecewa ya. Hal ini akan menimbulkan ternyadinya penurunan viewer pada blog kita dan juga membahayakan blog kita di sistem search engine Google, Yahoo, bing bing dll.

Kemudian, Bagaimana ini caranya menemukan broken link pada blog kita (semisal kita sudah menulis ratusan artikel yang disetiap artikelnya terdapat link) ?. sulit bukan apabila kita harus menelaah atau mencari satu persatu. Dan pastinya akan membuang-bung waktu.

Baca Juga : Jadwal sepak bola 18 - 21 Januari 2019

Hal yang perlu kita lakukan adalah mengunjungi website penyedia jasa cek broken link dan ini gratis. Berikut website yang saya rekomendasinya untuk memperbaiki dan menemukan broken link secara detail yang terdapat di artikel blog kita tetapi sebelumnya saya kenalkan terlebih dahulu website-website penyedia jasa cek broken link.

1. Creating Online Broken Link Checker Tool 
(http://www.creatingonline.com/site_promotion/broken_link_checker.htm)

2. Broken Link Check Tool (https://www.brokenlinkcheck.com/)

3. W3C Broken Link Checker Tool (http://validator.w3.org/checklink)

4. Site Liner Broken Link Checker Tool (http://www.siteliner.com/)

5. Link Tiger Broken Link Checker Tool (https://linktiger.com/)


Semua website diatas menyediakan jasa cek broken link. Namun, saya ingin memperkenalkan ataupun merekomendasikan website yang saya pakai untuk mengecek broken link yang terdapat pada artikel di blog saya. Website yang saya pakai adalah broken Link Check Tool. Website ini saya pakai karena sangat mudah digunakan, gratis (tanpa biaya), diakses melalui online, hasil pengecekan broken link dilakukan secara cepat, dan akurat.

Baca juga : Review mengenal karakteristik hutan

Pertama masuk ke web : https://www.brokenlinkcheck.com/. Kemudian disebelah kanan atas ada tulisan “enter your URL below”. Dikolom itu silahkan teman-teman masukan alamat blognya atau alamat url yang ada di beranda. Kemudian tekan atau klik Find broken Links untuk mendapatkan ataupun mencari keberadaan broken link pada artikel di blog.

Langkah selanjutnya masukan Security code dan pilih Report all occurrences of each dead link. Jika sudah, tekan atau klik Find broken links now.

Tunggu beberapa menit, karena mesin pencari sedang mencari broken link yang ada di blog kita. Setelah selesai, ada tulisan Status Completed. Processed web pages, found 0 broken link. Bererti blog kita sudah tidak ada broken link nya. 

Terus bagaimana penampilan apabila di blog kita terdapat broken linknya. Penampilannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini ya sahabat blogger. Dikolom Page Where found terdapat dua kata ; url dan src.

Jika kita akan klik url, kita akan dibawa pada artikel yang terdapat broken link nya. Setelah itu kita cari broken linknya kemudian edit broken link nya dihalaman edit post. Jika menekan src, kita akan masuk ke halaman html untuk mendapatkan tempat tersedianya broken linknya.

Saran saya, saya pilih yang ke url. Dengan begitu saya langsung mengerti artikel tempat broken linknya. Masuk ke postingan blog. bila judul artikel sudah banyak bisa menggunakan search. Kemudian diedit artikelnya untuk mengganti atau menghapus broken link nya.

Jadi, saya selalu menggunakan broken Link Check Tool (https://www.brokenlinkcheck.com/) karena user friendly, free, cepat, dan akurat. Sekian informasi yang saya berikan, semoga dapat bermanfaat. Salam bloger.

Tidak ada komentar:

Welcome to Add Your Banner